Sering Terlambat Saat Shalat Berjamaah? Simak Tata Cara Salat Jamaah Makmum Masbuk

Sering Terlambat Saat Shalat Berjamaah? Simak Tata Cara Salat Jamaah Makmum Masbuk

--

 

Kemudian bertakbir ketika mengangkat kepalanya (bangun dari sujud). Kemudian beliau bertakbir lagi ketika akan bersujud. Kemudian bertakbir lagi ketika mengangkat kepalanya (bangun dari sujud). Kemudian beliau melakukan hal itu dalam semua rakaat hingga selesai sholat." (HR. Al Bukhari 789).

 

3. Mengikuti gerakan imam.

Jika imam melakukan rukuk, maka kita harus ikut rukuk. Jika imam duduk di antara dua sujud, maka kita juga ikut duduk di antara dua sujud, dan begitu seterusnya hingga sholat selesai.

 

4. Bangkit ketika ada rakaat yang terlewat.

Jika ada rakaat yang terlewat dan imam telah selesai dan mengucap salam, maka kita harus bangkit melanjutkan kekurangan rakaat kita.

 

Hukum shalat berjamaah bagi makmum masbuk

Bagi makmum masbuk, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, memantapkan diri bahwa shalat yang dilakukan tetap sah, sehingga tidak perlu lagi ada keraguan saat melaksanakan shalat.

 

Menurut Mazhab Syafiiyah memperbolehkan melaksanakan shalat fardhu dengan bermakmum kepada orang yang shalat sunnah. Demikian sebaliknya, orang yang shalat fardhu juga sah untuk bermakmum kepada orang yang shalat fardhu lainnya.

 

Imam As-Syirazi dalam Kitabnya Al-Muhadzdzab menerangkan sebagai berikut:

Sumber: