Dorongan Pemerintah Sangat Diharapkan Bagi Pengusaha Budidaya Ikan

Dorongan Pemerintah Sangat Diharapkan Bagi Pengusaha Budidaya Ikan

--

PANGKALAN BALAI, harianbanyuasin.com- Cukup menjanjikan untuk dijadikan usaha perekonomian keluarga, pengusaha budidaya ikan di Kabupaten Banyuasin, harapkan adanya support dan pembinaan dari pemerintah serta dinas terkait.

 

Hal itu seperti disampaikan langsung Sentoro salah satu pembudidaya ikan di Kelurahan Pangkalan Balai, kepada Harian Banyuasin Selasa (9/8/22) mengatakan, Usaha budidaya ikan konsumsi itu sebenarnya bisa dijadikan, alternatif usaha keluarga dan bisa juga sebagai tumpuan perekonomian.

 

Namun dalam budidaya ikan itu kalau bisa jangan sekedar hobi, tetapi harus berani mencoba lebih banyak karena selain penjualnya yang lancar, juga bisa dikonsumsi sendiri. Walaupun yang banyak menjadi kendala bagi pemula, untuk menjadi usaha besar  adalah karena harus sedia pakan terus menerus, terangnya.

 

"Kalau saya untuk usaha budidaya ikan ini mulai mencoba sejak tahun 2012, dan alhamdulillah bisa bertahan hingga saat ini, namun kalau didukung bantuan pemerintah seperti disuport permodalan dan pembinaan dari dinas terkait, tentunya usaha-usaha masyarakat seperti ini pasti akan cepat berkembang," ungkapnya.

 

Menurutnya Sentoro, program Bupati Banyuasin gemar makan ikan itu memang bangus, namun alangkah baiknya usaha-usaha seperti dirinya, dapat dilakukan pembinaan dan solusi permodalan agar bisa berkembang, untuk menjadi usaha perekonomian masyarakat.

 

"Dulu pernah ada pembinaan dari dinas terkait, namun sejak beberapa tahun terakhir sudah tidak ada lagi, dan kalau bisa pemerintah memberikan solusi permodalan bagi usaha budidaya ikan seperti ini, atau sama seperti KUR pasti banyak usaha-usaha masyarakat cepat berkembang," harapnya. (son)

Sumber: