Ratusan Siswa MI Al-Mashri Pangkalan Balai Semarakkan 1 Muharam 1444 H

Ratusan Siswa MI Al-Mashri Pangkalan Balai Semarakkan 1 Muharam 1444 H

PANGKALAN BALAI – Pergantian tahun baru Islam dari 1443 Hijriyah ke 1444 Hijriyah di Kota Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin berlangsung semarak, Jumat (29/07).

Ratusan siswa Madrasah Iftidaiyah (MI) Al-Mashri Pangkalan Balai melakukan pawai berbusana muslim yang  diikuti siswa kelas 3 sampai kelas 6 enam.

Ratusan siswa ini berkeliling Kota Pangkalan Balai dengan rute dari sekolah yang berlokasi di Jalan Merdeka Pangkalan Balai masuk ke Jalan Rioseli - Jalan Talif Wali dan kembali kesekolah. Mereka membawa spanduk bertuliskan Islam untuk mengingatkan masyarakat akan pergantian tahun baru Islam.

Ida Diana, guru MI Al-Mashri Pangkalan Balai saat ditemui mengatakan pawai yang dilakukan merupakan bagian dari untuk menyemarakkan tahun baru Islam 1444 Hijriyah.

‘’Selama ini masyarakat khususnya anak-anak generasi Islam banyak yang tidak tahu Tahun Baru Islam. Mereka hanya tahunya tahun baru Masehi. Oleh karena itu, kami MI Al-Mashri menyemarakannya dengan menggelar pawai berbusana muslim,’’ ujar Ida.

Menurut Ida, tahun baru Islam 1444 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu, 30 Juli 2022. Untuk itu, MI Al-Mashri terpanggil untuk menyemarakkannya dengan menggelar ragam kegiatan Islami.

‘’Kami berharap pergantian tahun baru Islam ini ke depannya lebih semarak lagi. Tidak hanya MI Al-Masri yang melakukan tapi juga masyarakat Kabupaten Banyuasin,’’ harapnya.

Ditambahkan Ida, Islam memperingati tahun baru menggunakan penanggalan Hijriyah yang dimulai dari bulan Muharam. Lalu bulan Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Akhir, Rajab, Syakban, Ramadan, Syawal, dan terakhir Zuqaidah.

Jadi dalam penanggalan Islam ada sebelas bulan. Sementara tahun Masehi ada 12 bulan dimulai dari Januari dan terakhir Desember.

‘’Bulan-bulan Islam ini harus diketahui oleh generasi muda Islam,’’ harapnya. (med)

Sumber: