Cuaca Tak Bagus, Dinkes Ingatkan Waspada DBD

Cuaca Tak Bagus, Dinkes Ingatkan Waspada DBD

"Salah satu pencegahan, dengan cara gotong royong. Membersihkan bak penampungan, buang benda yang dapat menampung air. Tiga M yakni menguras, menutup dan mengubur itu diperlukan. Karena, nyamuk DBD ini senang berkembang biak di air yang bersih," katanya.

 

Sedangkan, di Puskesmas Sukajadi Talang Kelapa dari pantauan yang dilakukan hingga saat ini belum ada pasien yang dirawat inap karena terkena DBD. Biasanya, masyarakat lebih cenderung langsung membawa pasien ke rumah sakit di Palembang untuk mendapatkan perawatan medis. 

 

Kepala Puskesmas Sukajadi dr Reviyani menuturkan, pihaknya juga sudah mendapatkan laporan ada dua warga yang terkena DBD dan sudah mendapat penanganan medis. 

 

"Pasien ini, langsung ke rumah sakit di Palembang. Dari laporan itu, kami sudah melakukan fogging dan juga membagikan bubuk abate. Ini salah satu pencegahan yang dilakukan," katanya. 

 

Kecamatan Talang Kelapa, dianggap rentan DBD karena jumlah penduduknya yang terbilang padat. Sehingga, dari puskesmas Sukajadi terus melakukan sosialisasi dengan program Dokter Masuk Desa. 

 

"Kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat, untuk jaga kesehatan dan jaga kebersihan lingkungan. Gotong Royong untuk membersihkan lingkungan, kunci utama membasmi nyamuk DBD. Disisi lain, kami juga melakukan fogging," pungkasnya. (ron)

Sumber: