Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebuah Solusi Pemulihan Pembelajaran

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebuah Solusi Pemulihan Pembelajaran

SEMBAWA, harianbanyuasin.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin melaksanakan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jenjang SD yang bertempat di SD Negeri 4 Sembawa, Senin (27/6/2022).

 

Kegiatan IKM dihadiri oleh Agus Suherman, S.Pd., M.Pd Selaku Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin, Suhardi, S. Pd., M.Pd selaku Ketua K3S, Choirun Nisa, M. Pd.I selaku Pengawas, Wahadi, M. Pd selaku Pengawas Bina, Dr. Fahril Huda, M.Pd selaku Narasumber, Kepala Sekolah SD Negeri 4 Sembawa selaku tuan rumah, dan Kepala Sekolah Sekecamatan Sembawa, Guru-guru Sekecamatan Sembawa.

 

Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dibuka langsung oleh Agus Suherman, S. Pd., M.Pd selaku Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin dalam sambutannya menyampaikan, pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia telah menyebabkan banyak kendala dalam proses pembelajaran disatuan pendidikan serta memberi dampak yang cukup signifikan. Sehingga Pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan penggunaan kurikulum 2013 dan kurikulum darurat menjadi rujukan kurikulum bagi satuan pendidikan diseluruh tanah air.

 

"Dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 dan 2023 boleh melaksanakan 100 persen menggunakan kurikulum merdeka. Karena kurikulum merdeka sebagai opsi bagi semua satuan pendidikan yang didalam proses pendataan merupakan satuan pendidikan yang siap melaksanakan kurikulum merdeka," ujar Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin.

 

Ditambahkan Sekdis diperlukan segera upaya konkrit berupa Bimbingan Teknis (Bimtek), dan segala macam perangkat pendukung agar penerapan Kurikulum Merdeka tidak hanya menjadi sebuah branding dari pembuat kebijakan, namun benar-benar menjadi sebuah upaya agar pendidikan di Indonesia sesuai dengan tujuan Indonesia Merdeka, dan juga sesuai dengan program Bupati Banyuasin yaitu Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

 

Adapun menurut Suhardi, S.Pd., M.Pd Ketua K3S mengatakan, kegiatan sudah berjalan sesuai dengan yang dirapatkan pada waktu yang lalu. Ditahun pembelajaran tahun 2022/2023 untuk implementasi kurikulum merdeka bisa dilaksanakan di Kecamatan Sembawa, sudah bisa masuk sekolah secara normal pada tanggal 11 Juli 2022 nanti karena anak didik sudah di vaksinasi covid-19 dan juga vaksinasi BIAN. 

 

"Harapan kami dengan adanya tatap muka kembali di bulan depan agar anak-anak diarahkan untuk belajar seperti biasa sehingga anak bangsa ini bisa cerdas ditahun yang akan mendatang, kembali normal nya proses pembelajaran karena sudah tercapai nya jumlah vaksinasi diseluruh sekolah yang ada di Kabupaten Banyuasin. Sehingga masyarakat sudah bisa memberikan kepercayaan kepada pihak sekolah agar anak-anaknya bisa belajar seperti biasa," pungkas Ketua K3S.

 

Sumber: