Resep Bola Ubi Kopong Anti Gagal, Camilan Renyah dari Ubi Merah yang Super Crunchy!

Senin 28-10-2024,21:00 WIB
Reporter : Kristina
Editor : Fidiani

2. Setelah halus, diamkan hingga mencapai suhu ruang agar adonan tidak terlalu panas saat dicampur dengan bahan lain.

3. Tambahkan tepung tapioka, tepung maizena, baking powder, gula halus, dan garam ke dalam adonan ubi.

4. Uleni hingga semua bahan tercampur merata dan adonan kalis. Setelah itu, diamkan adonan di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan tekstur yang pas.

5. Keluarkan adonan dan bentuk menjadi bola-bola. Ukuran bola sebaiknya tidak terlalu kecil atau terlalu besar agar bisa matang sempurna dan kopong di dalam.

6. Panaskan wajan berisi minyak dengan api super kecil. Masukkan bola ubi satu per satu ke dalam minyak.

7. Aduk bola ubi dengan gerakan memutar agar matang merata. Tunggu hingga permukaannya tampak garing dan sedikit berkulit. Kemudian, naikkan api kompor sedikit, namun tetap dengan suhu yang tidak terlalu panas.

8. Setelah permukaan bola ubi terlihat garing, tekan perlahan dengan ujung spatula. Jika sudah mulai berkulit, bola ubi akan kembali ke bentuk semula setelah ditekan, menandakan adonan kopong di dalamnya.

9. Setelah seluruh bola ubi mengembang dan terlihat cukup ringan, angkat dan tiriskan. Kini, bola ubi kopong yang renyah dan gurih siap dinikmati.

Tips Anti Gagal:

  • Pastikan untuk menekan bola ubi hanya ketika sudah berkulit, agar adonan tidak penyok dan tetap renyah.
  • Pengaturan suhu minyak penting untuk mendapatkan hasil maksimal, dimulai dari api kecil hingga sedang, tanpa membuat bola ubi gosong.

Bola ubi kopong ini tidak hanya enak sebagai camilan keluarga, tapi juga cocok dijadikan hidangan saat berkumpul bersama teman.

Dengan resep ini, Anda bisa mencoba membuat bola ubi kopong renyah di rumah, dijamin anti gagal dan super crunchy!

Kategori :