Ilmu Marketing Dari 1.0 Sampai 4.0, Apa Sih Bedanya?

Kamis 19-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Kristina
Editor : Seffa

HARIANBANYUAISN.COM - Dunia bisnis dan pemasaran telah mengalami perubahan besar selama beberapa dekade terakhir.

Dari era pemasaran tradisional yang fokus pada produk hingga era pemasaran berbasis teknologi digital yang menempatkan pelanggan sebagai pusat, konsep pemasaran telah berkembang pesat.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana Marketing 1.0, 2.0, 3.0, dan 4.0 berbeda satu sama lain dan bagaimana evolusi ini membentuk strategi pemasaran modern.

BACA JUGA:9 Ide Usaha Rumahan yang Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

BACA JUGA:Mau Kaya di Usia Muda? Lakukan 5 Langkah ini

Marketing 1.0

Era Marketing 1.0 muncul pada masa awal industrialisasi, di mana fokus utama perusahaan adalah produk.

Di sini, pemasaran sangat berpusat pada bagaimana sebuah perusahaan dapat membuat dan mendistribusikan produknya kepada konsumen.

Produk dianggap sebagai hal yang paling penting, dan komunikasi kepada konsumen dilakukan secara satu arah – perusahaan berbicara, dan konsumen mendengarkan.

BACA JUGA:7 Cara Efektif Menghindari Sifat Konsumtif dan Mengelola Keuangan dengan Bijak

BACA JUGA:Marketing Berbayar vs Marketing Organik, Mana yang Lebih Cuan Buat Bisnis Kamu ?

Konsumen pada era ini dianggap sebagai kelompok besar yang homogen, sehingga pemasaran lebih bersifat massal.

Iklan di media cetak, radio, dan televisi memainkan peran utama dalam menyebarkan informasi tentang produk.

Ciri Khas Marketing 1.0:

BACA JUGA:Pedagang atau Pebisnis ? Yuk, Cari Tahu Kamu Masuk Tim Mana !

Kategori :