Mengenal 9 Jenis Sapi yang Ada di Dunia

Mengenal 9 Jenis Sapi yang Ada di Dunia

Jenis-jenis Sapi yang ada di dunia--Instagram setia_farm

Meskipun awalnya tidak asli dari Madura, sapi ini menjadi favorit karena daya tahan terhadap panas, penyakit, dan kemampuannya untuk berkembang di berbagai kondisi pakan. 

Karakteristik unik, seperti bentuk tubuh kecil, kaki pendek namun kuat, dan warna bulu yang khas, membuat Sapi Madura diminati oleh peternak dan peneliti dari berbagai negara.

6. Sapi Brangus

Sapi Brangus adalah hasil persilangan sapi Brahma betina dengan sapi Aberden Angus jantan. 

Dengan warna hitam, tubuh besar, dan pertumbuhan yang cepat, sapi ini menonjol di dunia peternakan. 

Kelebihan tubuh kompak dan ketahanan terhadap iklim tropis membuat Sapi Brangus menjadi pilihan utama di Amerika Serikat, Australia, Argentina, Mexico, dan beberapa bagian Afrika.

7. Sapi Aberdeen Angus

Berasal dari Skotlandia, Sapi Aberdeen Angus menjadi populer di Amerika Serikat dengan lebih dari 300.000 ekor diternakkan. 

Dengan warna hitam dan bobot besar, sapi ini tidak hanya menghasilkan daging berkualitas, tetapi juga menunjukkan daya tahan tubuh yang kuat terhadap cuaca buruk.

8. Sapi Angus

Sapi Angus, masuk ke Indonesia melalui Selandia Baru, merupakan sapi dengan kualitas karkas yang luar biasa. 

Keturunan dari sapi Brahman, Sapi Angus memiliki tingkat produktivitas yang tinggi dalam berkembang biak.

9. Sapi Shorthorn

Sapi Shorthorn, dikembangkan di Inggris bagian utara, menarik perhatian dengan bobot badan jantan yang mencapai lebih dari 1100 kg dan betina di atas 850 kg. 

Dengan warna merah, coklat tua, dan putih, Sapi Shorthorn memiliki keunggulan dalam bentuk puting susu yang baik, produksi susu berkualitas tinggi, serta pertumbuhan yang cepat.

Sumber: