Mengenal 9 Jenis Mangga yang Ada di Indonesia, Yang Mana Favoritmu?

Mengenal 9 Jenis Mangga yang Ada di Indonesia, Yang Mana Favoritmu?

Jenis mangga yang ada di Indonesia--Instagram resepdietseharihari

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM – Mangga merupakan buah musiman yang menjadi favorit orang Indonesia. Buah mangga dapat dimakan secara langsung maupun diolah menjadi makanan ataupun minuman. Tidak hanya rasanya yang enak, mangga juga mengandung serat tinggi, kaya akan vitamin C, provitamin A, karotenoid dan polifenol yang beragam.

Namun, tahukah kamu? Ternyata mangga bukanlah buah asli Indonesia. Mangga berasal dari India dan telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun silam.

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis mangga yang tersebar luas di seluruh Nusantara. Berikut akan kita bahas Sembilan jenis mangga yang menjadi favorit orang Indonesia.

BACA JUGA:Musim Mangga! Nikmati Mangga dengan 7 Cara ini. Nomor 5 Belum Banyak yang Tahu

1. Mangga Arumanis

Mangga arumanis atau harum manis, merupakan mangga asli Indonesia. Dinamakan arumanis karena jenis mangga ini memiliki aroma buah yang harum serta rasa yang manis.

Mangga jenis ini memiliki kulit yang berwarna hijau meski sudah matang, dengan sedikit warna kuning pada bagian tangkainya.

2. Mangga Indramayu

Mangga cengkir lebih dikenal dengan nama Indramayu karena berasal dari Kabupaten Indramayu. 

BACA JUGA:Memasuki Musim Hujan, 5 Makanan ini Cocok Dinikmati Saat Cuaca Dingin

Kulit mangga ini akan berwarna hijau kekuningan pada saat sudah matang. Memiliki ukuran buah cukup besar, dengan daging buah yang tebal, empuk, dan kaya akan serat.

3. Mangga Golek

Jenis mangga ini memiliki daging tebal dengan tekstur lunak dan tidak berserat. Kulitnya berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah kuning Ketika sudah matang.

Mangga golek memiliki ukuran yang besar dan berbentuk panjang dengan rasa manis dan aroma yang khas.

BACA JUGA:Resep Cheesecake Viral Tanpa Creamcheese, Lumer di Mulut

4. Mangga Madu

Mangga madu sering disebut mangga manalagi, padahal dua mangga ini adalah dua jenis yang berbeda.

Dinamakan mangga madu karena jenis mangga yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis seperti madu. Bahkan ketika masih muda, buah ini memiliki rasa asam yang sangat sedikit, bahkan ada yang tidak asam sama sekali.

5. Mangga Apel

Disebut mangga apel karena mangga yang satu ini memiliki bentuk buah bulat seperti buah apel. 

BACA JUGA:Yuk Bikin Sarapan Lezat dan Sehat dengan Sandwich Buah

Terdapat dua jenis mangga apel, yaitu mangga apel hijau yang apabila matang berwarna kuning, dan mangga apel merah yang berwarna merah ketika sudah matang.

Jenis mangga yang satu ini memilki daging buah yang lebih tebal disbanding mangga pada umumnya.

6. Mangga Manalagi

Mangga manalagi berasal dari Kota Probolinggo, Jawa Timur dengan karakteristik kulit buah berwarna hijau meski sudah matang. Memiliki daging buah yang tebal dengan rasa manis yang mendominasi.

BACA JUGA:Resep Cromboloni yang Lagi Viral, Bisa Untuk Ide Jualan

7. Mangga Garifta Merah

Keunikan mangga yang satu ini terletak pada warna kulitnya yang berwarna merah bahkan cenderung seperti tomat.

Keunikan lain dari mangga garifta merah ini adalah kulitnya yang bisa dikupas seperti pisang.

Mangga garifta merah ini berasal dari Desa Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur yang merupakan penyempurnaan dari mangga harum manis.

BACA JUGA:Resep Ayam Bakar Madu yang Anti Gagal, Lezat dan Mudah Dibuat

8. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu memiliki bentuk bulat dan sedikit memanjang dengan ukuran buah yang tidak terlalu besar. Kulit mangga ini akan berwarna kuning Ketika sudah matang.

9. Mangga Alpukat

Meskipun Namanya mangga alpukat, mangga ini bukanlah persilangan dari buah mangga dan alpukat ya. Mangga yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur ini dinamakan mangga alpukat karena cara memakannya yang unik. 

BACA JUGA:Mango Milk Cheese, Manis Segar dan Creamy

Tidak seperti buah mangga lainnya yang harus dikupas terlebih dahulu, mangga ini cukup dipotong dan diputar sehingga terlepas dari bijinya, kemudian dagingnya bisa dimakan dengan cara disendok seperti makan buah alpukat.

Nah itu tadi 9 jenis mangga yang ada di Indonesia. Yang mana favoritmu?

Sumber: