Peduli Tenaga PPEP, Pemprov Sumsel Berikan Pembekalan dan Uji Kompetensi Profesi Penyuluh

Peduli Tenaga PPEP, Pemprov Sumsel Berikan Pembekalan dan Uji Kompetensi Profesi Penyuluh

Gubernur Sumsel memberikan arahan pada peserta Pelatihan Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian bagi Tenaga PPEP Sumsel.--

PALEMBANG, HARIANBANYUASIN.COM -  Kepedulian Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada Tenaga Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) di Sumsel memang tak perlu lagi diragukan. 

Untuk meningkatkan kompetensi bagi tenaga PPEP ini, Pemprov Sumsel mengadakan Pelatihan Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian bagi Tenaga PPEP Sumsel. 

Pelatihan dan pembekalan ini digelar mulai 22-26 Agustus mendatang secara online. 

BACA JUGA:Kenalkan Ragam Rempah Khas Sumsel, TP PKK Sumsel Gelar Festival Rempah

Dalam arahannya sekaligus membuka pelatihan, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan dengan diselenggarakannya kegiatan ini agar siap untuk mengikuti uji sertifikasi kompetensi profesi penyuluh pertanian. 

Sehingga diharapkan penyuluh pertanian di Sumsel dapat menjadi penyuluh yang kompeten. Berdaya saing dan mampu mendukung program utama pembangunan pertanian. 

Hal itu Diungkapkan Gubernur Sumsel, saat memberikan arahan pada tenaga PPEP dan penyuluh ASN dan non ASN kab/kota pada acara pembekalan dan uji kompetensi profesi penyuluh, di Command Center, Jumat 25 Agustus 2023.

BACA JUGA:Hari Wisuda Almarhum Romy Yudhistira, Rektor Unsri: Almarhum Salah Satu Putra Terbaik Kita

Sumsel sejak awal memang mengangkat tenaga PPEP ini dalam jumlah yang banyak. 

Hal ini karena Pemprov Sumsel sadar bahwa keberadaan komponen penyuluh sangat penting untuk men-trigger petani. 

"Jadi bukan hanya untuk meningkatkan produksi pertanian saja. Tapi bagaimana menjadikan petani kita paham dunia entrepreneurship," ungkapnya.

BACA JUGA:Sopir Penabrak Pasutri Guru di Banyuasin Ditangkap, Ternyata Pelaku Positif Konsumsi Sabu, Ini Identitasnya

"Dan menjadi tenaga di lapangan yang juga paham IT dan lainnya," jelasnya. 

Menurutnya Sumsel yang memiliki SDA yang banyak namun jika dikelola tanpa SDM yang handal tentu akan menjadi kesia-siaan. 

Sumber: