Pemuda dan Solusi Tuntas Permasalahan Iklim Global

Pemuda dan Solusi Tuntas Permasalahan Iklim Global

--

Oleh Fitriatul Wahda, M.E (Pegiat Opini Islam Palembang)

SEJAK diselenggarakannya World Conference of Ministers Responsible for Youth (Konferensi Dunia Menteri yang Bertanggungjawab terhadap Remaja) di Libanon pada 8-12 Agustus 1998 oleh Majelis Umum PBB, maka pada tanggal 12 Agustus resmi ditetapkan sebagai Hari Remaja Internasional.

Dilansir situs resmi PBB, perayaan Hari Remaja Internasional 2023 mengangkat tema “Green Skill for Youth: Towards Sustianable World” yang artinya “Keterampilan Hijau untuk Pemuda : untuk Dunia Yang Berkelanjutan”.

BACA JUGA:Insiden Sepatu Pembawa Baki Terlepas di Upacara Pengibaran Bendera di Istana Negara

Tema ini diangkat sebagi bentuk dukungan terhadap Platform Green Transition Initiative (GTI) yang telah diluncurkan di New York, Kamis (23/3/2023).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam UN 2023 Water Conference menegaskan perubahan iklim saat ini adalah salah satu permaslahan global yang paling mendesak. (kompas.com, 25/03/23).

Extintion Rebellion Indonesia dan lembaga pembuatan petisi yang merupakan koalisi masyarakat yang fokus pada isu perubahan iklim mendesak bapak Presiden Joko Widodo untuk segera medeklarasika darurat iklim Indonesia. (tempo.com, 19/03/21).

BACA JUGA:Hafal Alquran 30 Juz, 4 Santri Asal Banyuasin Diberikan Beasiswa Pendidikan ke Universitas Al Azhar Mesir

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 20 Maret 2023 juga telah meliris laporan penting ringkasan data dampak pemanasan global dalam kurun waktu hampir satu dekade terakhir.

Laporan ini merupakan ringkasan dari sebuah laporan yang ditulis oleh lebih dari 1000 ilmuwan yang berisi tentang peringatan keras akan bahaya kondisi iklim global.

Penelitian ilmiah telah menyoroti bahaya yang ditimbulkan oleh apa yang disebut sebagai titik kritis dalam tata iklim bumi, di mana di luar ambang batas suhu tertentu dapat menyebabkan hutan tropis di Amazon berubah menjadi Sabana.

BACA JUGA:Wow! Piutang PBB di Kabupaten Banyuasin Mencapai Rp 155 Miliar

Selain itu, dampak lainnya juga akan dirasakan oleh lapisan es di Greenland dan Antartika Barat, di mana akan terjadi luapan air dalam volume besar yang dapat menaikkan permukaan lautan hingga beberapa meter. (IPCC, 20/03/2023)

Kapitalisme Penyebab Kerusakan Iklim

Sumber: