Desa di Kabupaten Banyuasin Ini Jadi Pilot Project BPJS Kesehatan

Desa di Kabupaten Banyuasin Ini Jadi Pilot Project BPJS Kesehatan

Bupati Banyuasin melaunching universal health coverage Desa Lalang Sembawa Banyuasin sebagai pilot project BPJS Kesehatan.--

Pemkab Banyuasin terus berkomitmen untuk membangun pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat.

Kata Bupati, program ini sebagai upaya peningkatan capaian kepesertaan maupun pendapatan jaminan kesehatan nasional pada semua segmen.

Baik dari pekerja penerima upah, penerima bantuan iuran, dan pekerja bukan penerima upah (mandiri).

Kabupaten Banyuasin sendiri, akan meningkatkan capaian UHC sebesar 90,80 persen dari jumlah penduduk sebanyak 826.755 jiwa (data penduduk SM l 2022).

Kurang lebih 4,2 persen lagi menuju UHC 95 persen untuk tahun 2023 dan 7,2 persen lagi untuk UHC di tahun 2024.

Dilihat dari data tersebut capaian kepesertaan JKN sudah tergolong optimal. Namun ini perlu adanya daya dorong yang lebih untuk mencapai Banyuasin sehat melalui UHC dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warga Banyuasin.

Selama ini Banyuasin sudah memberlakukan berobat gratis menggunakan KK dan KTP.

Sementara itu, Camat Sembawa, Drs Erman Taufik MM mengatakan secara administrasi terdiri 11 desa definitif dan 2 desa persiapan.

Memiliki bentangan luas wilayah keseluruhan 21,927 hektar dan 21.9 km2 dengan penduduk berdasarkan data per April 2023 sebanyak 23.809 jiwa.

Desa Lalang Sembawa merupakan desa yang berada di ibukota Kecamatan Sembawa. Hal ini dapat menjadi rujukan dan dasar bagi BPJS kesehatan dalam melaksanakan program-program kegiatan di Kabupaten Banyuasin.

Dengan dipilihnya Desa Lalang Sembawa sebagai piloting project desa universal health coverage.*

Sumber: