BMKG Cabut Peringatan Tsunami, Warga Diminta Kembali ke Rumah

BMKG Cabut Peringatan Tsunami, Warga Diminta Kembali ke Rumah

--

JAKARTA, HARIANBANYUASIN.COM - Gempa bumi yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Selasa 25 April 2023, sekitar pukul 03.00.46 WIB, yang berkekuatan 6.9 magnitudo, BMKG meminta masyarakat yang mengungsi di gunung-gunung untuk kembali ke rumah masing-masing.

 

Hal itu, menyusul telah dicabutnya peringatan dini tsunami menyusul guncangan gempa. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan jika peringatan dini tsunami telah dicabut, pasca gempa tektonik itu.

 

"Kami telah mengakhiri peringatan dini tsunami pada pukul 05.17 WIB. Sehingga memohon kepada warga yang masih ada di gunung, silahkan kembali ke tempat masing-masing," kata Kepala BMKG, dalam konfrensi pers daring, Selasa 25 April 2023.

 

Namun demikian, kata Dwikorita, gempa susulan masih kemungkinan akan terjadi. Tetapi kekuatannya sudah kian melemah. Untuk itu, masyarakat tidak perlu panik akan adanya tsunami.

 

BACA JUGA:Gempa 7.3 Magnitudo Guncang Kepulauan Mentawai

 

"Gempa susulan terekam 5.0 magnitudo, namun sudah kian melemah. Insyaallah kondisi aman. Selama rumah dipastikan masih utuh, tidak rusak dan tidak retak. Warga bisa kembali ke rumah masing-masing," jelasnya.

 

Berdasarkan catatan BMKG, gempa yang mengguncang Kepulauan Mentawai berlokasi di laut pada kedalaman 23 Km, 177 Km barat daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

 

Sumber: