Wow Keren Banget! BSI Catatkan Diri Sebagai Bank Terbesar ke-6 di Indonesia

Wow Keren Banget! BSI Catatkan Diri Sebagai Bank Terbesar ke-6 di Indonesia

Torehan positif kinerja perbankan negara tak hanya datang dari bank-bank konvensional. Setelah, BRI, BNI, Mandiri, dan BTN, berhasil menunjukkan kinerja cemerlang sepanjang 2022, kini giliran PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang juga mencatatkan kiner--Bankbsi.co.id

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Kinerja positif berhasil ditorehkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) pada tahun 2022.

 

Berkat itu pula, BSI mampu mencatatkan diri dan mampu melesat menjadi bank terbesar ke-6 di Indonesia dengan melewati CIMB Niaga.

 

Setelah sebelumnya kinerja perbankan negara berhasil diraih BRI, BNI, Mandiri, dan BTN di tahun yang sama.

 

"Alhamdulillah kinerja BSI sepanjang tahun lalu tumbuh signifikan. Kita bisa lihat dari laba bersih BSI yang mencapai Rp 4,26 triliun atau tumbuh 40,68 persen secara year on year (yoy) di akhir 2022," ungkap Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir di Jakarta, Selasa 21 Februari 2023.

 

Kata dia, pertumbuhan BSI tersebut merupakan buah kerja keras dari transformasi perusahaan yang berdampak besar pada aspek efisiensi. Merger yang dilakukan pada dua tahun lalu membuahkan hasil yang positif. 

 

Lebih lanjut dia menjelaskan, jika per kuartal IV 2022, total aset BSI tumbuh 15 persen menjadi Rp306 triliun. Dana pihak ketiga (DPK) yang naik 12 persen (yoy) menjadi Rp261,49 triliun. Sementara pembiayaan BSI tumbuh 21 persen (yoy) menjadi Rp208 triliun.

 

Dari sisi kualitas aset, lanjut Erick, rasio pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) Gross bergerak menurun dari 2,93 persen menjadi 2,42 persen per Desember 2022.

 

Sumber: bankbsi.co.id