Sumsel Berhasil Masuk 3 Besar Provinsi di Indonesia Turunkan Angka Stunting

Sumsel Berhasil Masuk 3 Besar Provinsi di Indonesia Turunkan Angka Stunting

--Humas pemprov sumsel

JAKARTA, HARIANBANYUASIN.COM - Dinilai telah berhasil menurunkan angka stunting di Provinsi Sumsel hingga 6,2%, Sumsel dikukuhkan sebagai 3 besar provinsi di Indonesia yang mencapaian angka nasional tahun 2022.

 

Disampaikan Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan jika berdasarkan saat ini penurunan angka stunting di Sumsel telah melebihi capainan nasional, yakni di angka 6,2%.

 

Itu berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia tahun 2022. Sementara di tahun 2021 sebesar 24,8%, dan mengalami penurunan sebesar 18,6% di tahun 2022.

 

Hal itu dibeberkan Menkes RI disela-sela Rakernas Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) dan Penurunan Stunting di Auditorium BKKBN Halim PK Jakarta Timur, Rabu 25 Januari 2025.


 
“Target ini terjadi masa pandemi bukan masa biasa. Mudah-mudahan masa pandeminya sudah terkendali, tahun ini bisa lebih baik. khususnya Provinsi Sumsel, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan, turunnya kepala di atas 5% itu saya ucapkan terimakasih,” sampai Menkes.


 
Ditambahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy jika capaian Sumsel tersebut telah melebihi capaian nasional.


 
"Jauh diatas capaian nasional yang 2,8 persen. Tentu ada langkah-langkah terobosan yang berhasil dilakukan Sumatera Selatan," ujarnya.
 

Meski ada angka penurunan stunting, dirinya tak menampik jika masih ada provinsi di Indonesia yang angka stuntingnya meningkat.

 

"Tentu ini perlu perhatian bersama. Faktor di luar kendali manusia bisa menjadi penyebab antara lain terpaan bencana yang bertubi-tubi seperti terjadi di NTB dan Sumatera Barat," terang Muhadjir.


 
Dia menegaskan, bagi provinsi yang kasus stuntingnya bertambah, sebaiknya mencontoh model dan inovasi yang diterapkan di Sumsel.

Sumber: