Tahun Ini Gaji PNS Bakal Naik 7 Persen? Bener Gak Sih?

Tahun Ini Gaji PNS Bakal Naik 7 Persen? Bener Gak Sih?

Pegawai PNS di lingkungan Pemkab Banyuasin--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM – Munculnya kabar terkait gaji PNS yang bakalan naik sebesar 7 persen di tahun 2023 ini, direspons langsung Menpan RB.

 

Menpan RBZ Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwasanya terkait kenaikan gaji PNS tahun 2023 hingga saat ini belum ada pembahasan kebijakan itu sama sekali.

 

Mengingat saat penyusunan nota keuangan, pemerintah sama sekali tidak membahas usulan gaji para ASN. Termasuk dalam usulan RAPBN 2023.

 

Dalam Undang-Undang APBN 2023, belanja negara direncanakan sebesar Rp 3.061,2 triliun yang dialokasikan melalui belanja pemerintah pusat sebesar Rp 2.246,5 triliun, serta transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 814,7 triliun.

 

Anggaran belanja yang mencapai Rp 3.000 triliun lebih tersebut untuk 2023 terjadi kenaikan Rp 19,4 triliun dari usulan pemerintah sebesar Rp 3.041,7 triliun.

 

Dan tentunya, wacana tersebut tidaklah benar. Bagi PNS diharapkan bersabar. Karena pemerintah belum konkrit pada kebijakan pemerintah dalam menggelontorkan anggaran kenaikan gaji PNS, khususnya pada tahun 2023.

 

Namun yang jelas, sejauh ini PNS di seluruh Indonesia telah mendapatkan gaji tiap bulannya, disesuaikan dengan golongan.

 

Sumber: