Pengaruh Digitalisasi Bagi Pelajar

Pengaruh Digitalisasi Bagi Pelajar

--

OLEH: Neni Fitriani, ST, S. Pd

SD Negeri 1 Pulau Rimau

 

DIERA Perkembangan teknologi saat ini tidak bisa lagi dibendung. Teknologi digital bahkan sudah merambah seluruh aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan. Khususnya di Banyuasin, arus informasi sudah sangat deras.

 

Media sosial tiktok, insagram bahkan facebook di era digital memang tidak bisa dihindari karena mengontrolnya tidaklah mudah.

 

Dengan adanya percepatan informasi ini seharusnya bisa mempermudah pendidikan. Namun yang terjadi tidaklah demikian, derasnya informasi ternyata tidak selalu berpengaruh positif.

 

Semua hal pasti ada efek positif dan efek negatifnya termasuk dengan teknologi informasi yang maju di era digital ini. Di balik kemajuan teknologi informasi ternyata ada efek negatif yang ditimbulkan pada dunia pendidikan, seperti di bawah ini:

 

1. Membuat Siswa Tidak Fokus

 

Banyaknya informasi yang menarik bagi siswa di internet membuat siswa terkadang tidak fokus lagi dalam belajar di kelas. Meski pun sedang belajar di kelas pikiran siswa ternyata berselancar di dunia maya atau media sosial yang dimilikinya.

Sumber: