BANNER ASKOLANI 2 PERIODE HL

Perwujudan Implementasi Core Values BerAKHLAK pada Sosok ASN Inspiratif

Perwujudan Implementasi Core Values BerAKHLAK pada Sosok ASN Inspiratif

Dr Irmawati --

Perwujudan Implementasi Core Values BerAKHLAK pada Sosok ASN Inspiratif

 

Dr. Irmawati

Peserta Latsar CPNS Kemenhub 2022 Angkatan 2 Kelompok 2

 

Seorang ASN diharapkan dapat terus mengimplementasikan core values BerAKHLAK dalam menjalankan tugas dan fungsinya yang bertindak sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik serta sebagai pemersatu dan pemererat kesatuan bangsa. BerAKHLAK sendiri merupakan pedoman perilaku ASN yang terdiri dari nilai-nilai dasar yang Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. ASN yang profesional harus dapat mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK ini dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi masyarakat.

 

Salah satu sosok ASN inspiratif yang telah mengimplementasikan core values BerAKHLAK ini adalah Bapak Fathul Aminudin Aziz. Beliau merupakan akademisi sekaligus praktisi pendidikan di pedesaan. Berdasarkan data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Fathul Aminudin Aziz tercatat sebagai salah satu dosen di Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifudin Zuhri Purwokerto pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Selain itu, beliau juga merupakan pengasuh pesantren El Muslim di Pesahangan, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap.

 

Sebagai ASN yang bergerak di bidang pendidikan, salah satu yang beliau perjuangkan adalah pendidikan murah dan mendekatkan institusi pendidikan ke pedesaan. Hal ini dilandasi oleh fakta masih tingginya angka anak putus sekolah di pedesaan yang disebabkan oleh mahalnya dan jauhnya akses pendidikan di pedesaan. Hal ini yang mendorong beliau dalam pendirian pesantren modern dan pesantren gratis dengan menggunakan zakat pribadi.

 

Mengutip dari situs Kemenpanrb, Dr. Fathul Aminudin Aziz menerapkan inovasi “Menimang Pesantren, Menyemai Teknologi” yang merupakan usaha dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi di pesantren. Selain itu, beliau juga mengajarkan para santri untuk melakukan kegiatan pertanian secara langsung di lapangan yang juga berfungsi sebagai laboratorium lapangan. Beliau meyakini bahwa pengetahuan akan pertanian dan IT akan dapat mendongkrak sektor pertanian di masa mendatang. Lebih lanjut dinyatakan bahwa para santri tidak hanya diajarkan mengaji tetapi juga didorong untuk berkreasi dan mengembangkan diri, mulai dari wirausaha, kesenian, pertanian dan kemampuan lainnya. Atas kontribusi dan inovasinya dalam membangun perekonomian pedesaan melalui pendidikan, beliau dianugrahi sebagai salah satu sosok ASN Inspiratif dalam ajang Anugerah ASN pada tahun 2020.

 

Apa yang telah dilakukan oleh Dr. Fathul Aminudin Aziz ini tentunya sangat menginspirasi dan merupakan bukti nyata dari implementasi dari nilai-nilai dasar BerAKHLAK. Beliau telah menerapkan nilai Berorientasi Pelayanan yang tercermin dari sikap yang memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat serta mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari usaha beliau dalam memenuhi kebutuhan akan pendidikan, teknologi dan membantu perekonomian masyarakat melalui bidang pertanian. Nilai-nilai integritas, komitmen dan dapat dipercaya juga dapat ditemui dari sikap beliau yang mencerminkan sikap Akuntabel. Beliau juga merupakan pribadi yang Kompeten yang tercermin dari latar belakang pendidikan beliau yang telah memiliki gelar Doktor dan juga pernah menjabat di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI (1994-2001).

 

Nilai Harmonis juga diimplementasikan oleh Bapak Dr. Fathul Aminudin Aziz, karena keberhasilan beliau dalam meningkatkan pendidikan dan perekonomian pedesaan tidak akan tercapai tanpa adanya keselarasan, kepedulian dan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat sehingga dapat tercipta lingkungan yang kondusif. Sikap Loyal juga ditemui dari sikap beliau yang sangat berkomitmen, berdedikasi dan secara aktif berkontribusi dan mengutamakan kepentingan masyarakat. Beliau memberi contoh terbaik bagaimana menjaga nama baik ASN dan menjadi inspirasi bagi orang banyak.

 

Beliau juga sangat Adaptif terhadap perubahan. Hal ini terlihat pada masa pandemi Covid-19 yang tidak menyurutkan semangat dan inovasi beliau. Beliau menggalakkan program “Ngaji on The Bus” untuk mahasiswa di Purwokerto hingga melakukan kegiatan revitalisasi untuk tanaman pandan yang merupakan bahan baku pengrajin tikar di Cilacap. Beliau secara cepat beradaptasi dalam segala keterbatasan dan proaktif dalam mengambil tindakan. Dalam mencapai tujuan bersama, sikap Kolaboratif tentunya juga telah diimplementasikan oleh beliau yang tercermin dari sikap yang menggandeng semua pihak untuk ikut berkontribusi dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.

 

Apa yang telah dilakukan oleh Bapak Dr. Fathul Aminudin Aziz ini kiranya dapat menjadi inspirasi bagi para ASN untuk dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sebaik-baiknya dengan senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai dasar BerAKHLAK demi terwujudnya tujuan bersama di Negara Kesatuan Republik Indonesia.(*)

Sumber: