Herman Deru Masifkan Edukasi Soal KUR Untuk Petani

Herman Deru Masifkan Edukasi Soal KUR Untuk Petani

--

"Informasi soal KUR ini harus masif dilakukan. Beri bimbingan untuk para petani, sehingga petani menjadi bankable," paparnya.

 

Pembangunan sektor pertanian memang sangat penting dilakukan mengingat pertanian merupakan pendorong ketahanan negara.

 

"Pertanian ini adalah sektor yang mampu bertahan di tengah persoalan yang melanda. Seperti saat pandemi covid 19, ketika sektor lain mengalami kontraksi, namu pertanian ini masih tetap tumbuh stabil," bebernya.

 

Sebab itu, sambungnya, Pemprov Sumsel terus mendorong pembangunan pertanian di daerahnya. Salah satunya dengan mencanangkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang diinisiasi langsung Gubernur Herman Deru.

 

GSMP sendiri merupakan langkah Sumsel untuk mengubah pola pikir masyarakatnya dari yang biasanya hanya sebagai pembeli menjadi masyarakat yang dapat menghasilkan produk pertanian.

 

"Hasil dari GSMP ini cukup konkrit. Angka kemiskinan di Sumsel ini dapat ditekan melalui upaya tersebut. Meski tidak 100 persen, namun GSMP ini berperan dalam hal itu. Selain itu, menjelang hari-hari besar seperti idul Fitri, tidak ada gejolak harga karena masyarakat bisa menghasilkan pangan sendiri," sebutnya.

 

Kendati demikian, dia mengakui, GSMP tidak mudah tidak mudah dilakukan. Butuh waktu, konsisten dan sikap pantang menyerah sehingga masyarakat bisa turut dalam GSMP tersebut.

 

"Disinilah peran perempuan. Tani perempuan harus jadi garda terdepan untuk mengajak serta memberi contoh. Perempuan harus berjalan di depan mensosialisasikan GSMP dan pertanian ini," imbuhnya.

Sumber: