Jembatan Tanah Kering Bakal Dibangun

Jembatan Tanah Kering Bakal Dibangun

  • Gunakan Dana Bangub

 

PANGKALAN BALAI, harianbanyuasin.disway.id - Pemerintah Kabupaten Banyuasin bakal membangun Jembatan Tanah Kering di Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin pada tahun 2022 ini.

 

"Rencananya kita akan bangun jembatan Tanah Kering, mulai tahun ini," kata Ardi Arfani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Banyuasin, kemarin.

 

Menurutnya, tahap awal akan dibangun pondasi dasar. Yaitu bagian bawah seperti tiang dan lainnya. "Dianggarkan tahap awal sekitar Rp25 miliar melalui Bantuan Gubernur," ujarnya.

 

Lalu pada tahun berikutnya, rencana pembangunan jembatan tersebut. "Dibangun secara bertahap," tukasnya.

 

Rencananya jembatan itu akan mengantikan jembatan tanah kering yang lama, karena kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk direhab atau diperbaiki.

 

"Sudah lama jembatan itu dibangun pada tahun 1980-an, sehingga keropos dan lain sebagainya. Jadi kita bangun jembatan baru, berdampingan dengan jembatan lama," jelasnya.

 

Total anggaran jembatan itu sekitar Rp65 miliar, dengan panjang 120 meter dan lebar 7 meter. "Dengan beban tonase bisa mencapai 30 ton kendaraan. Sebelumnya jembatan lama hanya bisa 5 ton saja, " tuturnya.

Sumber: