Posyandu Sangat Penting

Posyandu Sangat Penting

PURWOSARI, harianbanyuasin.disway.id - Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan dan imunisasi untuk memantau pertumbuhan anak, kegiatan Posyandu balita ini rutin dilaksanakan oleh bidan desa dan para kader desa yang dilaksanakan di gedung serba guna Desa Purwosari, Kecamatan Sembawa, Selasa (12/7/2022).

 

 

Pelaksanaan posyandu balita diawali dengan pendaftaran, penimbangan, penyuluhan dan pemberian PMT. Kegiatan posyandu balita terlaksana dengan adanya dukungan pemerintah Desa Purwosari dengan mengalokasikan anggaran dari dana desa. Dalam kegiatan pada hari ini dihadiri Bidan Desa Devi Irmawati, Am. Keb, Ibu Kades Desa Purwosari, dan Kader Posyandu Mekar Sari.

 

Menurut Bidan Desa Devi Irmawati Am. Keb kegiatan pada hari ini adalah kegiatan rutin setiap bulannya yang diadakan oleh bidan desa dan kader posyandu Mekar Sari. Jadi bagi ibu-ibu yang merasa kesulitan dapat langsung berkonsultasi mengenai perkembangan anaknya terutama kebutuhan gizi balita pada saat kegiatan posyandu balita.

 

"Melalui posyandu balita ini diharapkan dapat memperbaiki tingkat kesehatan balita dan meningkatkan gizi balita untuk menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan kuat (OWD). Bagi semua masyarakat Desa Purwosari yang mempunyai anak balita bahkan ibu-ibu yang sedang hamil jangan sungkan untuk selalu rutin memperiksakan diri ke posyandu setiap bulannya.

 

Penimbangannya balita dilakukan tiap bulan di posyandu Mekar Sari, penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS dari data dapat diketahui status pertumbuhan balita apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

 

Adapun menurut kader posyandu Mekar Sari Tri Haryani menjelaskan, kegiatan posyandu balita pada hari ini ada 46 balita dan ibu hamil 5 orang. Kegiatan posyandu hari ini bukan hanya penimbangan berat badan tetapi juga pemberian bubur kacang hijau untuk para balita yang hadir pada hari ini.

 

"Alhamdulillah semua kesehatan para balita yang ada di Desa Purwosari terpantau semua nya baik, dan juga melalui kegiatan posyandu Mekar Sari ini kami para kader dan bidan desa mengupayakan agar semua balita yang ada di Desa Purwosari ini bisa terhindar dari stunting dan juga mengurangi jumlah angka stunting setiap tahunnya," tuturnya. (Ri)

Sumber: