Dukung Penghijauan Melalui Tanam Sayuran

Dukung Penghijauan Melalui Tanam Sayuran

PULAU HARAPAN, harianbanyuasin.disway.id - Kelompok wanita tani Desa Pulau Harapan memanen sayur kangkung sebanyak 100 ikat dan bayam 70 ikat di belakang perkarangan rumah ketua pokja 3 di Sangaji Rt 10 Rw 02 Kecamatan Sembawa, Selasa (5/7/2022). 

 

Panen kangkung dan bayam dipimpin langsung oleh Penyuluh Pertanian BP4K Banyuasin, Ketua Pokja 3 dan ibu-ibu KWT Tunas Harapan. 

 

Menurut Rita Harsiani, SP selaku Penyuluh Pertanian BP4K mengatakan, ini adalah salah satu bukti untuk memberi contoh kepada warga untuk memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan tempat yang bermanfaat. Seperti tanam sayuran dalam rangka untuk menjaga ketahanan pangan di Desa Pulau Harapan.

 

"Selain mendukung penghijauan juga bisa menambah peningkatan ekonomi dari hasil jualan sayuran, sehingga sangat diharapkan untuk semua desa yang ada di Kecamatan Sembawa bisa memanfaatkan lahan sempit maupun luas untuk dijadikan tempat bercocok tanam yang bisa dimanfaatkan hasilnya nanti " kata Penyuluh Pertanian.

 

Adapun menurut Ketua Pokja 3 Silviyani mengungkapkan, dengan terbentuknya KWT Tunas Harapan dibawah naungan Dinas Ketahanan Pangan agar bisa mendorong masyarakat di Desa Pulau Harapan untuk menjalankan program ketahanan pangan. 

 

Merupakan salah satu aksi nyata untuk menjaga kebutuhan pangan keluarga dan menambah penghasilan untuk keluarga dan semoga Pemerintah desa selalu mensupport dengan kegiatan KWT Tunas Harapan.

 

"Alhamdulillah panen sayur kangkung dan bayam sudah bisa dipanen, hanya butuh waktu selama 25 hari dan hasilnya lumayan banyak ditahun 2022 ini sudah 7 kali panen sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan harapan supaya ibu-ibu yang ada di Desa Pulau Harapan bisa memanfaatkan lahan pekarangan supaya tidak beli sayur lagi dipasar, lebih dari konsumsi untuk keluarga sayuran bisa dijual untuk menambah pendapatan keluarga," ujar Ketua Pokja 3. (ri)

Sumber: