Wujudkan Sungsang Bersih, Ketua DPRD Dirikan Pabrik Sampah

Wujudkan Sungsang Bersih, Ketua DPRD Dirikan Pabrik Sampah

SUNGSANG, harianbanyuasin.disway.id- Tangani persoalan sampah di SUNGSANG, terutama terkait pengelolaan sampah plastik setiap harinya, Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin terpanggil untuk berpartisipasi dalam mewujudkan SUNGSANG bersih.

 

Upaya pengendalian penumpukan sampah plastik yang dilakukan Ketua DPRD Banyuasin, dengan cara mendirikan pabrik dan mesin pencacah sampah tersebut, nantinya berguna dalam mengurangi jumlah yang ada Sungsang dan sekitarnya.

 

Camat Banyuasin II, Salinan S.Sos, MM bersama  Kades Marga Sungsang, pada Kamis (23/6/22) yang melakukan kunjungan langsung ke Pabrik tersebut mengungkapkan, Dengan telah berdirinya pabrik pencacah sampah plastik, milik Pak Irian Setiawan yang terletak di Sungsang ini, semoga lancar dan cepat beroperasi.

 

Sehingga cita-cita kita bersama mewujudkan Sungsang bersih, dari sampah akan segera  terwujud. Mengingat sampah-sampah itu akan selalu  bertambah secara terus-menerus, dimana  kalau di asumsikan setiap hari orang di Sungsang menghasilkan 0,8 kg perhari  dikalikan sekitar 25.000 Orang x 360 hari dalam setahun maka akan menghasilkan 7.20O.000 kg sampah, tetangnya.

 

Sementara untuk asumsikan sampah plastiknya sekitar 10 persen, maka jumlahnya sekitar  720.000 kilogram dan kalau hal itu di biarkan bertahun tahun tanpa ada pengendalian, bisa saja akan berdampak ke banyak hal terutama kerusakan lingkungan dan kesehatan masyarakat, ujarnya.

 

"Jadi jika kita tidak dari sekarang berusaha secara bijak mengendalikan sampah plastik, semakin hari semakin sulit untuk mengatasinya. Selain itu harus ada kepedulian semua pihak, terutama kesadaran dari masyarakat Sungsang sendiri, kalau bisa  mengurangi penggunaan plastik sekali pakai," ungkapnya.

 

Terus dalam membuang sampah haruslah memilah, dalam memisahkan sampah plastik dan sampah organik, sampah plastik di kumpulkan dan dapat di jual ke tempat pengelolaan sampah atau ke tukang rongsokan.

 

Sumber: